Pengertian Tentang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)

Pada awalnya, KITAS bernama KIMS atau Kartu Ijin Menetap Sementara. Namun, namanya berubah menjadi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas.

KITAS merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh orang asing (ekspatriat) apabila mereka ingin bekerja dan tinggal di wilayah Indonesia dalam waktu yang lebih lama.

Hal ini kemudian disahkan oleh Badan Imigrasi pada bulan Mei 2011. Peraturan itu ada pada pasal 23 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor 27 tahun 2014 tentang Prosedur Teknis Pemberian, Perpanjang, Penolakan, Pembatalan, dan Penghentian Izin Tinggal Berkunjung, Tinggal Terbatas Izin, dan Izin Tinggal di Indonesia secara Tetap dan Pengecualian Kewajiban Memegang Izin Tinggal.

Apa itu KITAS?

Pada dasarnya, KITAS adalah izin tinggal yang diberikan oleh pemerintah kepada ekspatriat yang berlaku secara terbatas selama enam bulan sampai satu tahun. KITAS adalah jenis izin yang paling umum untuk penduduk asing dan KITAS memerlukan sponsor orang Indonesia.

Apabila telah memiliki KITAS, maka ekspatriat dapat tinggal di Indonesia selama lima tahun. Dalam masa tersebut, ekspatriat wajib untuk memperpanjang dokumen setiap dua belas bulan. Ribet? Ga juga karena terdapat jasa pengurusan KITAS.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga menawarkan 30 hari visa gratis untuk turis yang ingin berwisata ke Indonesia. Namun, apabila Anda ingin tinggal lebih lama daripada 30 hari, maka Anda membutuhkan KITAS.

Ekspatriat yang melanggar hal ini akan dikenakan hukuman maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp 500 juta.

Jenis – jenis KITAS

Terdapat tiga jenis KITAS yang paling umum yaitu :

1. KITAS izin Kerja

2. KITAS visa pernikahan

3. KITAS visa pensiun

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu KITAS. Apabila Anda memerlukannya, Anda dapat menggunakan jasa perpanjang KITAS yang saat ini banyak tersedia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

1 × four =