Anak Bawang – Cerpen Singkat Motivasi Diri

Anak Bawang – Ketika dulu saya masih kecil, terdapat istilah “anak bawang” atau “pupuk bawang”. (Kalau kamu pernah mendengarnya, berarti masa kecil kamu bahagia \^_^/. Di dalam setiap permainan tradisional seperti gundu, gobak sodor, petak umpet ataupun olahraga sejenisnya, terdapat ada satu anak yang disebut anak bawang. Anak bawang merupakan satu sebutan bagi anak – anak yang sebenarnya tidak ikut dalam permainan, hanya ikut – ikutan saja dan acap kali diabaikan. Saat mengikuti permainan, apapun yang dilakukan oleh anak bawang tidak pernah diperhitungkan karena sebenarnya anak bawang dianggap tidak mampu mengikuti permainan dengan baik. Ia dianggap masih belum kuat, paham ataupun berpengalaman dalam permainan tersebut.

Baca juga : Kata Kata Mutiara Cinta Dalam Relationship

Baca juga : Kumpulan Kata Kata Cinta, Gombal, Galau, Sedih dan Kecewa Untuk Kita

Apakah kita pernah membayangkan untuk memiliki dan mengerjakan apa yang orang lain kerjakan? Kita seringkali melihat bahwa terdapat pekerjaan yang sepertinya mudah dijalankan, tidak terlalu memakan waktu dan tenaga, prestius dan yang paling penting akan menghasilkan uang yang banyak. Tentunya wajar apabila kita menginginkan hal tersebut di atas. Tetapi untuk sampai terjun untuk banting setir ke dalam bisnis itu perlu kita pertimbangkan dengan matang. Mengapa? Karena jangan sampai ketika kita benar – benar terjun ke dalam bisnis yang menggiurkan tersebut, kita hanya menjadi anak bawang. Kita tidak cukup tabah, tidak cukup kuat, tidak benar – benar paham, tidak diperhitungkan, tertekan dan bahkan tidak menghasilkan uang sama sekali.

Warren Buffet pernah berkata, “Never invest in a business you can’t understand.” Hal ini menunjukkan bahwa pemain kelas dunia pun tidak akan pernah terjun ke dalam permainan yang ia tidak pernah mengerti. Satu kutipan lainnya berkata, “Jangan memainkan permainan yang tidak kamu mengerti, bahkan jika kamu melihat ada orang yang menghasilkan banyak uang dari situ.” Seperti halnya Warren Buffet, ia tidak pernah beralih, bahkan berandai – andai untuk memiliki saham di perusahaan teknologi walaupun saat itu Apple Inc. ataupun Microsoft tampak menggiurkan. Mengapa kita tidak mengikuti jejak langkahnya dan memaksimalkan apa yang bisa kita lakukan? Hasil akan berbeda apabila kita mengerti cara mainnya. Tapi seberapa banyak orang yang menjadi seperti anak bawang tadi? Hanya ikut – ikutan tanpa pernah benar – benar mengerti cara mainnya.

Cerpen Singkat Motivasi Hidup - Kata Kata Bijak Cinta 50 - Anak Bawang 2 Posted

Daripada mendambakan pekerjaan orang lain secara berlebihan dan akhirnya malah kita tidak pernah menjadi maksimal di bidang yang sekarang kita geluti, kenapa kita tidak mulai tunjukkan performa terbaik yang memang bisa kita berikan. Bagaimanapun, setiap orang memiliki bakat masing – masing. Satu bakat, tiga bakat, ataupun multi bakat pasti diberikan kepada kita sesuai dengan kesanggupan kita. Jika memang kita tidak berbakat di bidang tersebut, tidak perlu memaksakan diri. Pilihlah satu bakat yang paling menonjol dari diri kita dan maksimalkan!

Baca juga : Kumpulan Kata Kata Bijak Motivasi Untuk Harimu

Baca juga : Kata Kata Motivasi Belajar Untuk Semua Jenjang Pendidikan

Quotes of the day!
Berhenti untuk berandai – andai apabila kita ada di posisi orang lain. Mulailah untuk bekerja keras mengerjakan yang ada di tangan kita.

Share apabila kamu merasa artikel ini dapat menginspirasi temanmu yang lain.

Salam,
Kata Kata Bijak Cinta

Leave a Comment