Orator Ulung – Cerpen Singkat Motivasi Hidup

Orator Ulung Public speaking aka berbicara di depan umum merupakan salah satu ketakutan terbesar bagi umat manusia di muka bumi ini. Ya! Bahkan ketika sedang terjadi perang, bencana alam, krisis ekonomi, terorisme, dan tindak kriminal makin marak terjadi, berbicara di depan banyak orang tetap menjadi sumber ketakutan bagi banyak orang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa banyak sekali orang yang takut untuk berbicara? Sebenarnya, masalah terletak bukan pada bicaranya? Toh hampir setiap hari kita pasti berbicara bukan? Yang menjadi masalah adalah kata “di muka umum” atau “di depan public” itu. Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan “di depan banyak orang” itu? Apakah berbicara di depan teman, kepada pramusaji di rumah makan, kepada kasir di indomaret termasuk dalam kategori “berbicara di depan umum”? Tentu Tidak! Yang dimaksud berbicara di depan umum adalah kondisi di mana kita harus berbicara di depan orang yang berjumlah cukup banyak atau yang posisinya cukup penting, sehingga membuat kita grogi duluan.

Baca juga : Kata Kata Mutiara Cinta Dalam Relationship

Baca juga : Kumpulan Kata Kata Cinta, Gombal, Galau, Sedih dan Kecewa Untuk Kita

Jika public speaking atau berbicara di depan umum adalah suatu hal yang menakutkan karena jumlah pendengar ataupun jabatan dari orang yang kita ajak bicara, maka solusinya cukup sederhana (meski hal ini tidak mudah). Seperti prinsip, setialah dalam perkara kecil, maka kita akan diberikan perkara – perkara yang lebih besar. Jadi sebelum kita dapat menjadi orator ulung dan berbicara di depan public yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan orang, kita perlu berlatih untuk berbicara dengan puluhan, belasan, atau lima orang terlebih dahulu. Sebelum kita dapat berbicara dengan lancar di depan orang – orang yang memiliki jabatan, kita perlu berlatih berbicara di depan orang – orang yang tidak memiliki jabatan. Untuk menjadi orator ulung, kita bisa mulai berlatih di depan cermin. Kita juga bisa mulai berlatih dengan berbicara dengan hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Atau kita bisa berlatih berbicara dengan anak yang masih kecil, pasangan, teman, bahkan orang bayaran yang mau mendengarkan kita mengoceh.

Menjadi orator ulung memang tidak mudah. Ya! Semua orang, sebelum dapat menjadi ahli dalam segala sesuatu, menjadi profesional ataupun piawai dalam melakukan sesuatu, perlu mengawali segalanya dari hal yang kecil, bukan? Jadi, jika kita ingin dapat berbicara seperti para pembicara profesional, motivator terkenal, para pengajar, atau paling tidak seperti rekan kerja kita yang sangat menarik ketika membawakan presentasi atau orang – orang yang selalu ditunggu pendapatnya dalam sebuah rapat. . . Kita harus dapat mengalahkan ketakutan kita dengan memberanikan diri untuk melakukan sesuatu yang kita takuti itu dari hal – hal kecil. Selamat mencoba kawan!

Baca juga : Kumpulan Kata Kata Bijak Motivasi Untuk Harimu

Baca juga : Kata Kata Motivasi Belajar Untuk Semua Jenjang Pendidikan

 

Quotes of the day!
Sebelum kita menjadi ahli dalam melakukan sesuatu, kita perlu melatihnya dengan melakukan hal – hal kecil terlebih dahulu.

Share apabila kamu merasa artikel ini dapat menginspirasi temanmu yang lain.

Salam,
Kata Kata Bijak Cinta

Leave a Comment